Selasa, 29 Januari 2013

apa itu motivasi


Motivasi

SEBERAPA  PENTING  MOTIVASI


Motivasi adalah sesuatu yang penting. Motivasi merupakan energi kehidupan untuk seseorang.  Dan mengalirkan energi adalah salah satu tugas penting para pemimpin.
Memang Einstien tidak mengajarkan energi motivasi  kepada kita, tapi gagasan Enstien diungkap oleh William N. Plamondon (1996) menjadi gagasan besar dalam  energi dan kepemimpinan. Bahwa energi merupakan kemampuan organisasi untuk bertindak dan mencapai tujuan. Energi menggerakkan laju organisasi, memelihara keseimbangannya dan memepertahankan agar tetap terarah ketika perusahaan sedang mengalami kemunduran, transisi, dan krisis.
Tidaklah cukup bagi pemimpin hanya mempunyai energi. Tugas para pemimpin adalah membantu orang lain dalam kelompok untuk menggerakkan dan meneruskan energi mereka.
Kalau kita merapkan rumus   terkenal Enstien - E=mc2- dalam notasi motivasi, maka  dalam kelompok energi (E) harus diciptakan oleh pemimpin. Energi ini harus dialirkan  untuk digunakan sebagai pembangkit energi anggota kelompok/ tim (m) untuk mengantisipasi  dan menanggapi kecepatan perubahan yang tinggi sekali (c2).
Wahai para pemimpin, ….apakah anda telah memmiliki semangat yang lebih dibanding orang yang anda pimpin? Apakah anda sudah dapat dicontoh oleh orang lain, sehingga anda memiliki kharisma yang utuh? Apakah anda telah memiliki sifat ikhlas dalam bekerja melebihi  orang lain yang anda suruh?
Tugas pemimpin, tugas pelatih, tugas guru dan pendidik, tugas orang tua, tugas kader memiliki kesamaan. Mereka harus memiliki energi dan mampu mengalirkan energi kepada orang lain dibawahnya.

 

HUBUNGAN    ANTARA  MOTIVASI DENGAN  BEKERJA

 

Value, NILAI YANG DIYAKINI  KEBENARANNYA, doktrin, kesdaran diri, hasil perenungan perenungan  akan  menjadi motivasi dasar  seseorang untuk berfikir, sehingga fisik akan melakukan aktivitas  terhadap apa  yang difikirkannya.


KOMPONEN PENTING  PENTING  MOTIVASI


Ada sembilan komponen penting sehubungan  dengan motivasi. Komponen tersebut meliputi:

1. Kita harus termotivasi untuk dapat memotivasi
Jiwa dan kepribadian anda harus kuat. Iman anda harus mapan. Sifat ikhlas harus menjadi prinsip. Jiwa sabar harus menjadi bekal.
Hukum alam mengatakan, bahwa perpindahan ektron itu dari yang banyak ke yang sedikit. Jangan terbalik. Kalau anda ingin memotivasi orang lain, maka anda harus  termotivasi terlebih dahulu.

2. Motivasi memerlukan Sasaran
Anda tidak akan termotivasi jika tidak memiliki sasaran. Bila anda tidak memiliki sasaran , maka anda tidak akan sampai di manapun, anda hanya akan menghamburkan energi. Kalau anda memiliki sasaran terlalu banyak banyak, maka anda menghamburkan energi dan tidak sampai  dengan baik (tidak mendapatkan apapun). Jika anda memiliki sasaran jauh dari jangkauan, maka anda akan frustasi dan tidak mendapatkan apapun. Bila anda memilih sasaran di bawah kemampuan, anda menjadi bosan dan tak mendapatkan apapun. Kalau anda memelilih sasaran dalam jangka waktu terlalu panjang (dan jiwa tidak siap), maka anda hanya menunda-nunda dan tidak mendapatkan apapun. Jika anda memeiliki sasaran dalam jangka waktu terlalu pendek (padahal anda mampu), maka anda hanya akan berkelok-kelok dan tidak tentu arah.

3. Motivasi adalah sesuatu yang tidaklah abadi, dia harus diciptakan dan diperbaharui secara terus menerus.
Motivasi anda memiliki dinamika yang alamiah, bagaikan kehidupan yang silih berganti musim dan cuaca, itulah kontras kehidupan. Motivasi anda kadang-kadang semangat dan kadang-kadang turun. Terus ciptakan dan perbaharui motivasi diri, agar anda meraih kemanangan selalu.

4. Motivasi memerlukan Pengharagaan
Anak kecil menginginkan gula-gula. Anak remaja menginginkan kebebasan dalam menentukan diri. Orang yang matang seksual dan jiwanya memerlukan pasangan hidup. Orang tua menginginkan putra-putrinya sukses. Orang mengharap masuk syurga . Semua manusia mengharapkan penghargaan atas apa yang dikerjakan. Nabi menyeru dengan peringatan dan kabar gembira.

5. Berpartisipasi dalam kelompok dapat  menggugah motivasi
Bayangkan, anda yang tidak biasa olah raga dan jalan pada siang bolong panas atau hujan deras,  dengan kondisi tersebut anda  disuruh berjalan seorang diri berjarak 8 km. Mampukah anda……….. tetapi jika dalam pekerjaan itu anda lakukan dalam kelompok, bersama dengan kawan-kawan, ada tujuan  dan sasaran yang jelas, maka motivasi kerja anda  akan menjadi lain. Dalam kelompok terdapat motivasi. Naluri anda hidup dalam kelompok, berjamaah.

6. Kemajuan diri dan prestasi diri dapat memotivasi
Ada orang bijak bercerita kepada saya, wahai tuan apakah yang menjadi rahasia anda sehingga anda selalu bertemu dengan saya dalam kondisi yang selalu semangat, jawab beliau selalu memberikan nasehat kepada orang lain. Kenanglah , tuliskan  tentang kesuksesan masa lalu anda, maka anda akan terus bersemangat dan tergugah. Cita-cita yang tertulis juga akan menggugah motivasi.

7. Tantangan dapat menjadi motivasi hanya jika ada peluang untuk menang
Kenapa orang mau memberikan  segala sesuatu dalam kebaktian untuk Tuhan-nya. Janji  Allah SWT adalah benar, Dia akan menjanjikan syurga dan neraka, itulah  sebabnya mereka mau bekerja keras. Berfikirlah positif, apa yang anda gagas akan dapat tercapai. Berfikirlah visioner, sehingga anda mampu menembus jangkauan pemikiran jauh kedepan. Jika jiwa anda tertanam pepatah “ bungkuk merindukan bulan”, maka anda akan gagal terus. 

8. Semua orang mempunyai sumbu pemicu motivasi…. Temukan
Temukan pemicu yang khas untuk membangkitkan semangat hidup anda. Perenungan, menangis, muhasabah, meditasi, membaca kitab suci, bergaul dengan orang-orang sholeh, mengingat kematian, kerja keras adalah model-model orang untuk memicu semangat.

9. Kesadaran diri dan panggilan nurani dalam bekerja atau  bergabung dalam kelompok dapat memotivasi
Kebenaran sejati ada di dada anda. Tuhan lebih mengetahui apa yang di dada manusia. Panggilan nurani menjadi  sumber kekuatan yang maha besar untuk mengerakkan anda dari bangun tidur. Kaki anda bergerak karena anda mau menggerakkan, keringat anda bercucuran  karena anda bekerja keras. Semua sumbernya ada di dada anda.

 
 

BERFIKIRLAH ULANG TENTANG DIRI ANDA SENDIRI.
Lebih jauh, dimanakah sebenarnya  posisi motivasi tersebut.





Tulislah  Risalah Misi Hidup Anda

Yang menjawab hal-hal apakah yang ingin anda capai dalam waktu  3 hinga 5 tahun ke depan

 



TULISLAH

Strategi untuk mencapai cita-cita anda  dan  persiapan-persiapan  anda perrlukan, serta  hal-hal yang mungkin menjadi hambatan dan kedala

 
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar